Cara Menanam Cabai Secara Organik

Beberapa menyukai paprika mereka yang manis dan berair, dan beberapa menyukainya panas, dan jika Anda menghitung sendiri di antara yang terakhir, Anda dapat memilih dari berbagai macam cabai (Capsicum annuum) untuk kebun sayur atau ramuan Anda. Cabai rawit adalah salah satu yang paling terkenal, tetapi varietas cabai populer lainnya termasuk jalapeno pedas, anaheim dan paprika poblano yang lebih ringan dan cabai panas, untuk beberapa nama. Beberapa paprika terpanas di luar sana, seperti lada habanero, lada hantu, dan penuai Carolina yang terik — yang merupakan lada terpanas di dunia — merupakan spesies yang terpisah, tetapi jika Anda menyukai panas yang mereka tawarkan, Anda dapat menanamnya dengan cara yang sama seperti Anda menanam yang lebih ringan.

Panas lada, yang bukan ukuran suhu tetapi jumlah bahan kimia yang disebut capsaicin, diukur dalam unit panas Scoville (SHU), dan ada berbagai macam antara paprika manis dan yang panas yang memicu keringat. Agar dianggap manis, lada harus berukuran antara 0 dan 100 SHU, sedangkan cabai rawit sedang-panas dan paprika Thailand berukuran antara 30.000 dan 100.000 SHU. Penuai Carolina menduduki puncak tangga lagu di 2.200.000 SHU.

Tanaman cabai adalah tanaman cemara, dengan daun hijau subur dan batang kayu, dan tumbuh setinggi sekitar 3 kaki. Paprika muda, yang merupakan polong biji, berwarna hijau, dan beberapa tetap seperti itu, tetapi yang lain berubah menjadi warna kuning, oranye, dan merah yang cerah saat matang. Tanaman ini adalah herba abadi di habitat tropis dan subtropis aslinya, tetapi dapat ditanam sebagai tanaman tahunan di sebagian besar iklim utara. Panjang musim tanam bervariasi dengan varietas, dan beberapa matang cukup cepat untuk ditanam selama musim panas yang sangat singkat.

Penggunaan terbaik untuk cabai

Beberapa paprika terlalu panas untuk diletakkan di atas meja, tetapi tanaman tempat mereka tumbuh dapat digunakan secara efektif sebagai hiasan untuk taman Anda. Tanaman lada tumbuh setinggi sekitar 3 kaki, sehingga tidak akan mendominasi kebun Anda, dan daunnya yang mengkilap, hijau, dan berbentuk hati menciptakan kontras yang menyenangkan dengan paprika kuning, oranye, dan merah yang matang. Jika Anda tidak tinggal di iklim yang hangat, Anda dapat menanam paprika dalam wadah di teras Anda dan membawanya ke dalam ruangan saat cuaca dingin mulai masuk.

Tanaman cabai membutuhkan ruang untuk tumbuh, dan mereka membutuhkan banyak sinar matahari, tetapi mereka juga suka berdekatan sehingga daunnya dapat melindungi paprika agar tidak terik pada hari-hari musim panas terpanas. Anda bisa menanamnya dengan sayuran lain yang akan menaungi buah selama hari-hari yang panas.

Tanam di sebelah tomat, paprika hijau, okra, mentimun, terong, lobak Swiss atau labu. Teman yang baik di kebun herbal Anda termasuk kemangi, oregano, peterseli dan rosemary. Jangan pernah menanamnya dengan kacang, brokoli, adas, kol, kembang kol atau kubis Brussel.

Cara Menanam Cabai

  • Nama Umum: Cabai
  • Nama Botani: Capsicum annuum
  • Kapan Menanam: Tanam di luar ruangan dua hingga tiga minggu setelah salju terakhir
  • Zona USDA: Abadi di zona 9-11; tahunan di tempat lain
  • Paparan Sinar Matahari: Matahari penuh
  • Jenis Tanah: Tanah subur dan berdrainase baik dengan pH antara 6,0 dan 6,8
  • Ketika dalam Masalah: Buah mungkin tidak diatur jika ditanam sebelum hari-hari dingin berakhir atau jika panas selama musim panas berlebihan
  • Ketika itu berkembang: Daun hijau subur, mengkilap, dan buah yang berkembang dengan baik dan berwarna cerah

Memulai Cabai Dari Biji

Di tempat-tempat di mana cabai ditanam sebagai tanaman semusim, benih harus dimulai di dalam ruangan delapan hingga 10 minggu sebelum tanam di kebun. Berkecambah mereka dengan menempatkan setiap biji sedalam 1/4 inci dalam pot kecil berisi campuran awal benih atau di antara dua handuk kertas basah yang ditempatkan di dalam kantong plastik ritsleting. Biji membutuhkan suhu konstan antara 70 dan 80 derajat Fahrenheit untuk berkecambah, jadi ada baiknya untuk meletakkan panci atau tas di atas tikar panas atau di atas alat yang menghasilkan panas, seperti lemari es.

Benih membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk berkecambah dan enam hingga delapan minggu lagi untuk tumbuh cukup besar untuk transplantasi. Jika Anda memulai benih Anda dengan handuk kertas, tanamlah di tanah pot segera setelah mereka tumbuh. Dengan menggunakan lampu tumbuh, beri bibit 16 jam cahaya sehari, sirami tanah saat mengering dan oleskan konsentrasi pupuk cair 50 persen setiap tujuh hingga 10 hari.

Memulai Cabai Dari Bibit

Karena biji cabai bisa sulit untuk diseduh menjadi bibit, banyak orang pergi dengan bibit lada yang dibeli di toko. Either way, mereka membutuhkan tempat di kebun Anda yang memiliki tanah gembur dan berdrainase baik dan mendapat setidaknya enam hingga delapan jam matahari per hari. Jika tanahnya berpasir atau lembek, campurkan dalam beberapa bahan organik sebelum tanam, seperti kompos busuk.

Jarak yang khas adalah 12 hingga 24 inci, tetapi itu tergantung pada varietas, dan tanaman harus masuk pada kedalaman yang sama seperti yang ada di dalam pot. Setiap tanaman harus memiliki taruhan untuk dukungan karena bisa menjadi berat, terutama ketika sarat dengan paprika.

Jalapeno Chili paprika pada pokok anggur

Kredit Gambar: ElFlacodelNorte/iStock/GettyImages

Lihat Foto Lainnya

Di Zona Apa Cabai Tumbuh Paling Baik?

Cabai ada di rumah di daerah tropis dan hanya akan tumbuh sebagai tanaman keras di zona USDA 9 ke atas, tetapi tukang kebun di zona pendingin dapat menanamnya sebagai tanaman semusim. Mereka dapat memakan waktu mulai dari 55 hingga 150 hari untuk berbuah setelah tanam, sehingga varietas terbaik untuk wilayah tertentu tergantung pada lamanya musim tanam. Jika Anda menanam paprika dalam wadah yang dapat Anda bawa ke dalam ruangan, Anda dapat menanam sebagian besar varietas di mana saja.

Kapan Sebaiknya Anda Menanam Cabai?

Cabai tidak dapat mentolerir dingin dan hanya boleh ditanam ketika suhu siang hari tetap di atas 65 derajat, dan suhu malam hari tetap di atas 55 derajat, yang biasanya dua minggu setelah embun beku terakhir. Di daerah beriklim dingin, ada baiknya untuk menghangatkan tanah dengan menyiapkan mulsa plastik 10 hingga 14 hari sebelum tanam. Karena cuaca dapat meresahkan di musim semi, ada baiknya juga untuk mendirikan terowongan lingkaran di atas tanaman muda dan menutupinya dengan plastik untuk membantu menahan panas. Ingatlah untuk menghapus plastik ketika cuaca sangat hangat.

Rekomendasi Tanah, Sinar Matahari dan Air untuk Cabai

Tanaman cabai lebih menyukai tanah yang gembur, mengeringkan dengan baik, sedikit asam dengan pH antara 6,0 dan 6,8, dan selain itu, tidak terlalu rewel. Untuk memastikannya mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya, Anda harus mencampurkan kompos atau coran cacing yang busuk sebelum tanam.

Bibit muda perlu disiram secara teratur sampai mereka menunjukkan daun baru, di mana Anda dapat mengurangi penyiraman menjadi dua kali seminggu atau setiap kali tanah terasa kering. Tanaman harus berada di bawah sinar matahari penuh dan akan mendapat manfaat dari aplikasi jerami atau mulsa organik lainnya untuk membantu tanah mempertahankan kelembaban. Saat menyebarkan mulsa, jauhkan satu atau dua inci dari batang tanaman untuk memungkinkan akar bernafas.

Cara Memperbanyak Cabai

Satu-satunya cara untuk memperbanyak cabai adalah dengan biji. Anda dapat membeli biji cabai secara online atau dari pusat kebun lokal Anda, tetapi Anda juga dapat memperolehnya dari paprika. Mereka tidak mengandung capsaicin sendiri, tetapi serat yang menahannya ke polong biji mengandung konsentrasi tertinggi iritasi ini di seluruh lada, jadi berhati-hatilah saat mengekstraksinya. Hindari kontak yang berkepanjangan, cuci tangan Anda dan jangan pernah menggosok mata Anda setelah memegang paprika.

Cara Winterize Hot Peppers

Cabai tidak akan bertahan dari suhu beku, jadi jika Anda tinggal di iklim dingin dan Anda ingin membesarkannya sebagai tanaman keras, Anda harus membawanya ke dalam ruangan ketika suhu turun di bawah zona nyaman mereka. Letakkan wadah di sebelah jendela yang cerah atau jika Anda tidak memilikinya, letakkan di bawah lampu tumbuh.

Lada hias

Kredit Gambar: adisa/iStock/GettyImages

Lihat Foto Lainnya

Cara Memanen Cabai

Paprika bisa memakan waktu lama untuk tumbuh, dan beberapa yang terpanas belum siap sampai 150 hari setelah tanam. Beberapa varietas, seperti jalapeno, tetap hijau, tetapi yang lain berubah menjadi kuning menjadi oranye menjadi merah saat matang, dan mereka harus tetap berada di tanaman sementara ini terjadi untuk memastikan rasa terbaik.

Secara umum, Anda ingin memetik paprika saat mereka montok dan ukuran penuh dan sebelum mereka mulai layu, tetapi memetiknya lebih awal mendorong tanaman untuk menghasilkan lebih banyak, dan paprika akan matang dari tanaman. Pemangkasan tanaman lada juga membantu meningkatkan produksi.

Cabang-cabangnya rapuh dan akan patah jika Anda menariknya, jadi gunakan sepasang secateur untuk memotong batangnya. Kenakan sarung tangan dan jangan menyentuh mata atau mulut Anda sampai setelah Anda mencuci tangan dengan sabun.

Hama Umum dan Masalah Lain untuk Cabai

Serangga merusak daun lada dan mungkin juga memakan paprika, dan mereka dapat melakukan banyak kerusakan jika Anda tidak menangkapnya lebih awal.

  • Kutu daun berkumpul di daun dan menutupi bagian bawahnya dengan embun madu yang lengket, yang dapat meningkatkan pertumbuhan jamur dan menarik semut. Semprotkan tanaman dengan air untuk mengusir mereka atau untuk serangan parah, rawat tanaman dengan sabun insektisida.
  • Cacing potong, yang merupakan larva ngengat terbang malam, menghabiskan hari-hari mereka di tanah dan memakan batang tanaman lada Anda di malam hari. Mengolah tanah sebelum tanam, menyiangi dan menghilangkan puing-puing dari kebun adalah cara yang baik untuk menjauhkan cacing potong.
  • Kumbang kutu melompat-lompat di sekitar daun dan membuat pekerjaan singkat dari mereka, meninggalkan lubang-lubang kecil yang merusak penampilan tanaman lada hias Anda. Mendirikan terowongan lingkaran di atas tanaman muda dan mulsa tanah adalah dua cara yang baik untuk menjauhkan hama ini, tetapi jika mereka sudah ada di sana, perlakukan mereka seperti kecoak dan gunakan debu insektisida.
  • Looper adalah ulat hijau yang cukup besar yang makan di daun. Mereka mudah dikenali, dan cara terbaik untuk menghapusnya adalah dengan mengambilnya dengan jari-jari Anda.

Penyakit Umum untuk Cabai

Mungkin karena mereka menyukai kondisi kering yang cenderung tidak disukai patogen, tanaman lada tidak terpengaruh oleh banyak penyakit. Mereka rentan terhadap beberapa, meskipun:

  • Busuk akar Phytophthora adalah penyakit yang disebabkan oleh organisme mirip ganggang yang dikenal sebagai oomycete. Tanaman yang terkena layu dan mati, dan begitu penyakitnya menyerang, hanya sedikit yang dapat Anda lakukan. Ini disebabkan oleh penyiraman yang berlebihan dan dapat dicegah dengan menanam di gundukan untuk meningkatkan drainase dan penyiraman hanya jika diperlukan.
  • Antraknosa adalah infeksi jamur yang dapat membentuk lesi jelek pada daun dan paprika. Jika Anda melihatnya lebih awal, Anda mungkin dapat membatasi kerusakan dengan menyemprot tanaman dengan fungisida, tetapi dalam kasus yang parah, tanaman yang terkena dampak harus dihilangkan.
  • Virus mosaik ditularkan oleh kutu daun, yang merupakan alasan bagus lainnya untuk mengendalikan hama kecil ini yang mempengaruhi begitu banyak tanaman berdaun. Ini melengkung dan mengerutkan daun dan menghambat pertumbuhan tanaman secara keseluruhan, dan begitu gejala-gejala ini muncul, hanya sedikit yang dapat Anda lakukan. Cegah penyakit ini dengan menghilangkan kutu daun segera setelah Anda melihatnya.

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.